Neraca nasional merupakan suatu system penyajian statistik yang menggambarkan transaksi ekonomi yang terjadi dalam perekonomian suatu negara dalam jangka waktu tertentu. Transaksi ekonomi merupakan transaksi yang berkaitan dengan kegiatan produksi, konsumsi, dan akumulasi kekayaan. Neraca nasional memperlihatkan bagaimana produksi menghasilkan barang dan jasa, dan pada waktu yang sama menciptakan pendapatan, yang kemudian didistribusikan dan diretribusi ke berbagai faktor produksi ataupun ke berbagai sector ekonomi.

Neraca produksi diturunkan dari system neraca nasional. Neraca produksi bagian dari neraca transaksi berjalan atau current account yang secara spesifik menyajiakan informasi tentang penggunaan produk. Yaitu merekam berbagai nilai transaksi ekonomi yang terjadi dalam proses produksi, baik yang berupa transaksi input (uses) maupun transaksi atas output yang dihasilkan(sources).

Neraca produksi pemerintah adalah neraca yang memuat transaksi mengenai aktivitas produksi pemerintah. Sisi kanan dari neraca produksi memuat perincian-perincian produksi yang dikonsumsi sendiri, penerimaan dari produksi yang berupa barang dan penerimaan dari jasa yang diberikan. Jumlah keluaran (output) merupakan penjumlahan dari ketiga perincian tadi, sedang sisi kiri dari neraca produksi memuat perincian belanja barang, belanja pegawai, konsumi barang-barang modal (penyusutan), dan pajak tak langsung neto, yang jumlahnya merupakan jumlah masukan (input) dari sektor pemerintahan umum. Sebagai faktor penyeimbang dalam neraca produksi pemerintahan umum ini adalah perincian produksi yang dikonsumsi sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s